Selasa, 09 Maret 2010

kebudayaan asli daerahku



Pakaian serba hitam, diiringi oleh alat musik tradisional, melakukan adegan berbahaya dan tidak boleh ditiru oleh orang awam... ya itulah sebagian gambaran tentang kebudayaan asli daerahku, Banten itulah daerahku dan disana terdapat kebudayaan asli yang sangat terkenal sampai ke daerah-daerah lain.. "DEBUS" ya siapa yang tak kenal kata-kata itu, kesenian yang sebagian orang menganggap mistis karena kesenian ini mempertunjukan berbagai unsur yaitu tari, beladiri, kekebalan tubuh, dan juga ilmu kebatinan.
konon kesenian ini berkembang ratusan tahun lalu seiring berkembangnya islam di Banten, kesenian ini awalnya berasal dari al-madad. Pada awalnya kesenian ini adalah cara untuk penyebaran agama islam di Banten, akan tetapi pada saat penjajahan Belanda dan pada saat pemerintahan Sultan Ageng Tirayasa, debus dijadikan untuk penyemangat para penduduk untuk melawan penjajahan.

Bagi yang belum melihat kesenian ini, saya akan menceritakannya..
debus penuh dengan atraksi berbahaya, sebelum melakukan atraksi biasanya para pemain debus melakukan ritual-ritual seperti membakar kemenyan,melakukan doa-doa, hal ini untuk meminta izin pada yang maha kuasa untukkelancaran atraksi tersebut..
Salah satu atraksi debus adalah menusukan paku raksasa ke perut yang dikenal dengan sebutan paku banten, paku tersebut di pukul menggunakan palu raksasa yang disebut palu godam.
selain itu atraksi menyayat kulit, lidah, dan anggota tubuh yang lain menggunakan golok..anehnya tidak ada luka maupun bekas lukannya. Hal inilah yang menimbulkan tabo bagi orang-orang dan mengganggap debus tidak lain dan tidak bukan adalah menggunakan kekuatan mistis. Hal ini juga yang menjadikan orang Banten di segani di daerah lain.

gambar dari :Navigasi.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar