skip to main |
skip to sidebar
flowchatAwal menjalankan suatu flowchat harus menggunakan tandai mulai seperti di gambar tersebut.Setelah itu masukkan nilai NKemudian terjadilah proses dimana 1 bernilai I dan begitu pula proses d bawahnya dimana 0 bernilai j.Setelah itu ada pernyataan,jika nilai i <= N maka akan masuk ke flowchat masukkan data,apabila tidak akan memproses ke flowchat rata . Apabila nilai i <= N maka akan masukkan data,kemudian data itu d proses hingga menuju kembali ke proses 1 bernilai i,proses ini akan berulang-ulang hingga tidak punya data lg sehinnga akan menuju ke flowchat yang disebelah kiri,kemudian terjadi proses dan member tulis rata dan berakhirlah flowchat ini. Diposkan oleh danny di 09:24 0 komentar Reaksi: Jumat, 04 Maret 2011 Macam-macam operator 1. Operator aritmatika : Operator yang mengimplementasikan proses aritmatika atau matematika. Nach urutan operator dari aritmatika dalam Pemrograman adalah sebagai berikut: 1. Perkalian ( * ) 2. Pembagian ( / ) 3. Modulasi ( mod ) –> Sisa dari hasil bagi4. Tambah ( + )5. Kurang ( – )Contoh :5 mod 6 / 3 + 2 maka cara mengerjakannya :1. 6 dibagi 32. 5 mod hasil dari nomer 13. hasil dari nomer 2 ditambah 2Maka ouput dari perhitungan itu bila ditulis dengan bahasa pemrograman adalah: 32. Operator Relasi : Operator yang mengimplementasikan besaran suatu variabel.Nach contoh dari operator relasi adalah:1. Sama dengan ( = )2. Tidak sama dengan ( )3. Lebih dari ( > )4. Kurang dari ( < ) 5. Lebih dari sama dengan ( >= )6. Kurang dari sama dengan ( <= ) Nach untuk contohnya saya tidak perlu karena semua pasti sudah mengerti. 3. Operator Boolean: Operator yang menyatakan suatu kondisi tertentu. Macam dari operator boolean ini adalah: 1. OR –> Prinsip kerja aliran listrik Paralel2. AND –> Prinsip kerja aliran listrik SeriReferensi : http://ryanfredy.com/algoritma-pemrograman-operator-dalam-pemrograman.xxx#axzz1FhS1LZpHDiposkan oleh danny di 21:42 0 komentarReaksi: Macam-macam tipe data algoritmaTipe Data NumerikBesar angka yang bisa diterima komputer sangat tergantung dengan jumlah bit (N) prosesor komputernya. Umumnya batasan angka yang bisa diterima adalah –(2^(N-1)) sampai dengan 2^(N-1)-1. Untuk komputer 32 bit batasannya adalah -2.147.483.648 sampai dengan 2.147.483.647.Untuk menampung nilai data ke variabel dalam suatu bahasa pemrograman tertentu, maka kita harus memahami fasilitas apa saja (statements dan jenis variabelnya) yang disediakan oleh bahasa pemrograman yang kita gunakan. Juga kita perhatikan fasilitas operasi untuk tipe data numeriknya, misalnya apakah ada MOD, DIV, AVERAGE, MAX, MIN dan sebagainya.Adapun jenis numerik (bilangan) yang biasa digunakan terdiri atas :- bilangan kompleks- bilangan real- bilangan rasional- bilangan irasional- bilangan bulatTipe Data LogikaOperator logikal (boolean) biasa digunakan untuk melakukan pengecekan suatu kondisi suatu program. Kondisi yang dicek bisa berhubungan dengan variabel numerik maupun variabel string. Nilai data dari variabel boolean adalah kondisi benar atau salah (true or false). Operator logika dasar terdiri atas AND, OR dan NOT. 1. ANDAND adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 2 kondisi atau variabel yang ada. Jika kedua kondisi bernilai true, maka hasil operasi AND adalah true, selain itu false.2. OROR adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 2 kondisi atau variabel yang ada. Jika salah satu kondisi bernilai true, maka hasil operasi OR adalah true, selain itu false.3. NOTNOT adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 1 kondisi atau variabel yang ada. Jika kondisi bernilai true, maka hasil operasi NOT adalah false, dan sebaliknya.Tipe data logikal adalah variabel atau record yang bernilai logikal (true atau false).Operasi AND, OR dan NOT dapat digabung-gabungkan untuk mendapatkan suatu kondisi yang diinginkan.Tipe Data StringString merupakan salah satu tipe data di komputer, dan merupakan kumpulan dari karakter. Nilai data string tentunya harus ditampung di variabel atau field yang berjenis string pula.String umumnya digunakan untuk menyimpan data yang tidak perlu diproses secara matematis, namun banyak pula orang yang lebih suka menyimpan data numerik ke dalam tipe data string. Umumnya bahasa pemrograman menyediakan fasilitas untuk mengubah nilai data numerik yang disimpan dalam tipe data string menjadi tipe data numerik. Sehingga nilai data tersebut dapat diproses secara matematis kembali.Referensi : http://riyanwae.wordpress.com/2008/10/24/tipe-data-dan-struktur-data/Diposkan oleh danny di 21:41 0 komentarReaksi: Struktur dasar algoritmaAlgoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkahlangkahtersebut dapat berupa runtunan aksi, pemilihan aksi, dan pengulanganaksi. Ketiga jenis langkah tersebut membentuk konstruksi suatu algoritma. Jadi,sebuah algoritma dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar, yaitu :1) Runtunan (sequence)Sebuah runtunan terdiri dari satu atau lebih instruksi. Tiap instruksidikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya, yaknisebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesaidikerjakan.2) Pemilihan (selection)Adakalanya sebuah instruksi dikerjakan jika kondisi tertentu dipenuhi. Tiap–tiap instruksi akan diseleksi oleh kondisi, apabila instruksi memenuhikondisi yang diminta, maka instruksi akan dijalankan.3) Pengulangan (repetition)Salah satu kelebihan komputer adalah kemampuannya untukmengerjakan pekerjaan yang sama berulang kali tanpa mengenal lelah.Kita tidak perlu menulis instruksi yang sama berulang kali, tetapi cukupmelakukan pengulangan dengan instruksi yang tersedia.Referensi : http://prihastomo.files.wordpress.com/2008/02/algoritma.pdf/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar